Manfaat Kulit Manggis

Kulit manggis mempunyai manfaat besar bagi kesehatan, kulit manggis di negri tetangga yaitu malaysia sudah populer digunakan sebagai obat, ekstrak kulit manggis digunakan sebagai bahan baku farmasi, jus kesehatan, kosmetik dan pewarna. Kulit kayu dan kulit manggis mengandung senyawa golongan xanthone seprti mangostin dan betamangostin. Senyawa aktif lainnya adalah lemak, karbohidrat, protein, kalsium, potasium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1 dan B2 serta nitamin C.

Mangostin diakui sebagai tipe baru antihistamin, ia merupakan hasil isolasi dari kulit buah yang memiliki aktivitas anti inflamasi dan anti oksidan. ia bekerja di area sel otot lunak menghambat reseptor histamin H, mediator kontraksi otot lunak dan epiramin yang membangun tempat reseptor H1. Anti oksidan berperan penting menangkal efek buruk radikal bebas terhadap tubuh. Dalam jangka panjang ia berfungsi sebagai anti kanker.

Mangostin termasuk dalam salah satu kelompok senyawa dalam xanthones. Kandungan xanthonespada kulit manggis 27 kali lebih besar dibanding dengan daging buahnya. Xanthone pertama kali ditemukan oleh Schimid W Liebigs seorang ilmuyan Jerman pada tahun 1855. Sebagai antioksidan tingkat tinggi xanthone memiliki kandungan antioksidan 66,7 kali lebih besar dibanding wortel dan 8,3 kali lebih besar dibanding jeruk.

Menurut Dr. Ir. Raffi Paramawati, ahli teknologi panagn dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian Serpong Tangerang, kulit manggis mengandung antioksidan 17.000 – 20.000 orac per 1000 ounce. Bandingkan dengan wortel dan jeruk yang masing masing hanya 300 orac dan 2400 orac.

Orac-oxygen absorbance capasity menetralkan radikal bebas penyakit degeneratif seperti jantung, stroke dan kanker. Zat xanthone yang dihasilkan kulit manggis dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan, seperti artritis alzheimer ( salah satu penyakit disfungsi otak).

ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat opotosis sebagai penghancur sel kanker. kandungan zat xanthone yang terdapat pada kulit manggis bisa digunakan untuk terapi beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru – paru dan sebagainya. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit TBC, asma, leukimia, antiinflamasi dan anti diare.

kulit manggis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s