Mengolah Kulit Manggis

Kulit manggis sudah terkenal sebagai obat yang luar biasa untuk beberapa jenis penyakit kronis, Kulit manggis juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit ringan seperti sariawan atau disentri. Cara mengolah kulit manggis juga sederhana, cukup dengan peralatan tradisional maka kita akan memperoleh obat dari ramuan kulit manggis.

Untuk menggunakan kulit manggis sebagai obat sariawan caranya yaitu ambil dua buah manggis, ambil kulitnya kemudian dicuci bersih. Kemudian kulit manggis tadi dipotong-potong dan direbus dengan satu liter air sampai tinggal sekitar satu gelas air rebusannya. Air rebusan kulit manggis tadi kemudian disaring dan diminum rutin dua kali sehari, kalau perlu dapat dicampurkan dengan madu.

Sedangkan cara mengolah kulit manggis untuk obat disentri yaitu ambil kulit manggis kemudian dipotong-potong dan direbus dengan satu liter air dan biarkan hanya tinggal sekitar setengah gelas air rebusannya. Selanjutnya air rebusan kulit manggis tadi disaring dan diminum rutin dua kali sehari sampai penyakit berangsur sembuh.

Kulit manggis ternyata juga sangat berguna untuk menghambat proses penuaan, mencegah penyakit pembuluh darah, dan menjadi antikanker. Nah, Dr Indah Yuliasih, peneliti manggis dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), memberikan cara mengolah kulit manggis ini menjadi minuman menyegarkan dan nikmat.

Dalam diskusi pagi bersama wartawan di IPB, Indah menuturkan proses pembuatan minuman berkhasiat ini. Pertama, pisahkan kulit manggis dengan buahnya. Pengolahkan bisa dengan mengikutsertakan biji manggis (kaya lemak) atau hanya sekadar kulit manggis yang mengandung Xanthone. Gunakan sendok untuk mengeruk bagian dalam kulit yang sudah dibersihkan, dan pisahkan dari kulit keras di bagian luarnya.

Setelah itu, dinginkan di dalam lemari pendingin jika hendak disimpan hingga jumlahnya mencukupi. Lalu, campur dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 dan hancurkan dengan blender. Endapkan selama 24 jam, setelah itu saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak Xanthone kulit manggis.

“Untuk membuat rasa yang enak, bisa dicampur dengan madu dan beri pewarna alami ekstrak bunga rosela, dan anggur atau apel sebagai penambah flavor,” tutur Indah.

Menurut Indah, hasil pencampuran Xanthone dengan rosela dan madu dipanaskan dengan suhu 90-95 derajat celsius selama 10 menit untuk menguapkan ethanol. Setelah itu, dinginkan dengan suhu kamar lalu campurkan dengan flavor anggur atau apel. Nah, sirup Xanthone siap untuk dinikmati dengan dicampur air. Silahkan mencoba jus kulit manggis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s